12 Jun 2019 12:43

Periksa Kesehatan Sebelum Lebaran Ketupat

MyPassion
Suasana hari raya Lebaran Ketupat, warga mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis di halaman Masjid Nurul Iman. (Wailan/MPO)

MANADOPOSTONLINE.COM -- Suasana silaturahmi merayakan hari raya Lebaran Ketupat di Kampung Jawa Tomohon yang sudah menjadi budaya 'baku pasiar' tersaji, Rabu(12/6). Pemandangan unik di halaman Masjid Nurul Iman. Para warga mendapatkan pemeriksaan gratis berbagai penyakit.

 

Bertepatan saat ini merupakan momentum makan-makan, rupanya cocok bila dilakukan pemeriksaan kesehatan. Bimas Islam Kemenag Tomohon Muhamad Ramadhan menuturkan memang ini momentum dimana hanya ditemukan di tanah Minahasa.

"Ini sudah menjadi budaya yang terus-menerus dijalankan, perhitungannya puasa syawal sesudah Idul Fitri bertepatan hari ke tujuh dimaknai dengan ini Lebaran Ketupat, saling bertemu baik sesama keluarga dan umat beragama," jelas Ramadhan.

Warga pun mengapresiasi kegiatan tersebut. "Ini tentunya sangat membantu kami para warga. Apalagi kami baru selesai melaksanakan ibadah puasa," jelas Munir Lihawa.

Nampak para warga antri untuk mendapatkan pemeriksaan dari petugas medis dari Kimia Farma RS Bhayangkara.(wam)

Kirim Komentar