11 Jun 2019 14:00

Summaiyah Sukses Buka Usaha Besi Tua di Kotamobagu

MyPassion
Lokasi penampungan besi-besi tua serta kardus bekas di jalan AKD Kelurahan Mongondow, Kecamatan Kotamobagu Selatan.(Claudia/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Bisnis besi tua di Kota Kotamobagu menggiurkan. Salah satu pelaku usaha besi tua, Hj Summaiyah (40), warga Kelurahan Mongondow, Kecamatan Kotamobagu Selatan mengaku, sudah hampir 22 tahun menjalankan usaha tersebut.

Dia menceritakan, awal mula merintis usaha tersebut mulai dari kerja sama dengan orang lain, kemudian membeli botol dan besi bekas hingga membuat usaha sendiri. "Syukurlah pendapatannya sudah lumayan, sampai sekarang usaha ini sudah besar dan mampu mempekerjakan lima karyawan," katanya.

Dia mengakui, dalam sehari besi tua yang dibeli mencapai kurang lebih 150 kilogram, yang dihargai sebesar Rp 3.500 per kilogram. "Sebulan itu bisa kirim satu kontainer ke Bitung hingga Jakarta. Itu diolah kembali," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perindustrian, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Distrinaker) Fadlun Paputungan mengatakan, bisnis tersebut terbilang cukup populer, sebab mereka mengumpulkan barang bekas dan rongsokan yang disulap menjadi nilai ekonomi. Sehingga, banyak yang berhasil dibisnis tersebut.

"Apalagi sekarang sudah banyak sampah dari masyarakat yang kembali diproduksi menjadi barang yang berguna, sehingga kami terus mendukung usaha ini guna peningkatan ekonomi masyarakat," pungkas Fadlun.(tr-06/ite)

Kirim Komentar