11 Jun 2019 09:57

Rawan Kecelakaan dan Kriminal, Ring Road Masih Dibiarkan Gelap

MyPassion
Lampu penerangan yang tidak berfungsi sebabkan sebagian ruas jalan ring road gelap gulita. Warga yang melintas diimbau hati-hati. (Immanuel Grady/ MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sejak dibangun, penerangan di ruas jalan ring road minim perhatian. Dari pantauan, di malam hari ring road gelap gulita.

Para pengendara terus mengeluhkan hal ini. Di antaranya Rikson Bawenti. Menurutnya, hanya di titik tertentu yang dibekali dengan penerangan jalan.

“Kalau malam, sebagian besar ruas jalan gelap gulita. Padahal rawan kecelakaan dan kriminal. Kami berharap pemerintah memperhatikan masalah ini. Dengan memasang lampu jalan di sepanjang jalan,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Manado Deisy Lumowa, melalui Sekretaris Dinas Perkim Denny Raintung menjelaskan, lampu jalan di ring road masih tanggung jawab Balai Jalan.

“Kalau dari arah Transmart Kairagi sampai terowongan Tingkulu sudah ada lampu jalan dipasang. Tetapi banyak belum menyala,” sebutnya.

Menurut dia, pihaknya tidak bisa memperbaiki lampu jalan yang rusak di jalan ring road. Karena belum ada penyerahan aset dari Balai Jalan. “Kalau sudah ada penyerahan aset baru itu menjadi tanggung jawab kami di Pemerintah Kota Manado,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Pemkot Manado akan berinisiatif tahun ini memasang lampu jalan dari arah Transmart sampai ke Pandu. Karena tidak memiliki lampu jalan.

“Kalau ada anggaran sisa, kami pasangkan lampu jalan di jalan ring road dua dari Transmart ke Pandu. Sebab tahun ini, kami hanya menganggarkan sekitar 5 miliar untuk pemasangan lampu jalan di Kota Manado,” ujarnya.

Anggota Komisi A DPRD Kota Manado Roy Maramis mengatakan, Manado sebagai kota pariwisata sudah sewajarnya terang benderang dan memiliki lampu jalan.

“Kalau masih ada wilayah yang tidak memiliki lampu jalan itu harus menjadi perhatian pemerintah, agar para wisatawan yang datang di Kota Manado merasa nyaman,” pungkasnya. (ite/gel)

Kirim Komentar