11 Jun 2019 10:10

Bahaya!! Tiga Sungai Tercemar Bakteri E-Coli

MyPassion
Ilustrasi

MNADOPOSTONLINE.COM—Tiga sungai di Kabupaten Boltim positif tercemar Bakteri Escherichia Coli (E-Coli). Hal ini Berdasarkan hasil laboratorium WLN yang diuji oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boltim.

 

Kepala DLH Boltim Sjukri Tawil menjelaskan penyebab dari bakteri tersebut. Yakni, banyaknya kotoran hewan dan manusia yang sering dibuang ke sungai.

"Hasil uji sampel sebagian besar sungai di Boltim tercemar bakteri E-Coli. Ini bahaya jika masih ada warga yang mengkonsumsi air sungai tanpa dimasak. Karena bisa menyebabkan diare," jelasnya.

Dia mengakui, warga Boltim masih banyak yang membuang tinja (kotoran manusia) di sungai tanpa menggunakan WC. Hal inilah yang menyebabkan penyebaran bakteri kian cepat. Masyarakat, sambungnya, tidak menyadari hal ini. "Padahal sudah banyak WC yang disediakan. Tapi mereka lebih suka membuang tinja ke sungai," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Persampahan, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran DLH Boltim Reza Pahlevi membeber  tahun lalu ada tiga sungai yang diambil sampel air.

Rata-rata hasil ketiga sungai tersebut tercemar bakteri  E-Coli. "Kami mengambil sampel dari Sungai Buyat, Motongkad dan Nuangan pada tahun lalu. Hasil laboratorium WLN di Manado, ketiga sungai tercemar bakteri E-Coli, yang berada di atas ambang batas," tekannya.

Dia pun mengingatkan, pada semua warga Boltim untuk berhati-hati mongkonsumsi air sungai. "Air yang tercemar E-Coli masih bisa diminum tapi harus dimasak hingga benar-benar matang. Tunggu hingga beberapa kali mendidih agar tidak berbahaya," pesannya.

Dia juga mengimbau, agar warga tidak buang tinja ke sungai, supaya penyebaran bakteri E-Coli tidak menjadi luas. "Gunakan saja WC untuk buang kotoran. Jangan lagi ke sungai, agar kondisi air sungai tetap aman dan bisa dikonsumsi," pungkasnya.

Diketahui, pengambilan sampel sungai diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 82 tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air.(tr-01/ite)

Kirim Komentar