10 Jun 2019 09:58

Tak Masuk, PNS/THL Kena Sanksi Disiplin, BKD: TKD Dipangkas

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Hari ini semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) serta di 15 kabupaten/kota wajib masuk kantor.

Jika ada PNS yang terbukti tidak masuk kantor tanpa alasan jelas, maka sesuai ketentuan, Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bakal dipangkas.

Bukan hanya PNS, THL yang juga tidak masuk akan kena pemotongan honor. Hal ini ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh, Minggu (9/6).

"Jadi sesuai ketentuan, PNS yang tidak masuk kantor besok (hari ini, Red) akan kena sanksi disiplin. Karena sudah tertuang dalam edaran menteri dan dilanjutkan dengan edaran gubernur. Nanti absensi akan direkab dan kita klarifikasi, jika ada yang tidak masuk tanpa alasan dan bukti yang jelas, maka secara tegas TKD mereka kita potong. Selain TKD dipotong, juga diberikan sanksi disiplin. Dan bukan hanya PNS, THL juga yang tidak masuk, maka honor kita potong. Karena ini sudah mengacu dengan surat edaran yang ada," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Manado Wakiran mengatakan, sebagai upaya penegakan disiplin, maka Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan Pejabat yang Berwenang (PyB) di seluruh instansi pemerintah untuk melakukan pengawasan terhadap hari pertama masuk kantor. Karena menurut Wakiran, ini menjadi langkah optimalisasi pelayanan publik.

"Jadi pasca libur, semua PPK dan PyB wajib untuk melakukan pemantauan kehadiran PNS. Langkah ini juga dilakukan untuk optimalisasi pelayanan publik. Karena memang sudah ada surat dar Menterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) B/26/M.SM.00.01/2019 perihal Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran PNS sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Jadi laporan hasil pemantauan dapat diinput melalui aplikasi http://sidina.menpan.go.id pada hari yang sama. Paling lambat hingga pukul 15.00 WIB. Jadi pemantauan ini sifatnya wajib," ujarnya.

Wakiran mengatakan, untuk petunjuk pengisian aplikasi tersedia dalam halaman aplikasi tersebut. Sedangkan username dan password yang digunakan adalah sama dengan username dan password pada aplikasi e-formasi.

Wakiran menuturkan, bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa disertai alasan yang sah pada hari ini, maka akan dijatuhi hukuman disiplin karena melakukan pelanggaran terhadap kewajiban Pasal 3 angka 17 Peraturan Pemerintah (PP) 53/2010 tentang Disiplin PNS.

"Untuk penjatuhan hukuman disiplin kepada PNS dapat dilaporkan kepada MenpanRB serta ditembuskan kepada Kepala BKN paling lambat 10 Juli 2019. Apabila dalam proses pelaporan terdapat kesulitan, dapat dikirimkan melalui email asdep1.sdma@menpan.go.id jadi tugas PPK serta pejabat lainnya adalah melakukan pengawasan dan penginputan. Karena sanksi bagi PNS yang tidak masuk pada 10 Juni nanti, sudah jelas yakni disiplin PNS," ungkapnya.

Sementara itu, pengamat pemerintahan Dr Ronny Gosal mengatakan, wajar jika TKD dipotong ketika tidak masuk di hari pertama libur panjang. Menurutnya, libur sudah sangat cukup waktu untuk istirahat. Karena itu PNS memang wajib masuk dan kembali menjalankan roda pemerintahan.

"TKD syaratnya adalah kedisiplinan. Jadi kalau tidak masuk, berarti tidak disiplin. Wajar kalau dipotong. Kita juga sebagai akademisi, harus mengkritisi kedisipilian penyelenggaran pemerintahan. Apalagi gaji dan tunjangan mereka menggunakan uang rakyat. Tentu harus disiplin," tandasnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar