10 Jun 2019 13:55

Kadis PMD Sitaro: Awasi Pengelolaan Dandes

MyPassion
Ilustrasi dana desa.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pengelolaan Dana Desa (Dandes), di Kabupaten Kepulauan Sitaro,  mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Pasalnya rawannya kesalahan pertanggungjawaban, dalam pengeloaan dana yang tak sedikit ini.

Sering menjadi momok yang menakutkan bagi para Kapitalau. Dikatakan Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Marlon Dalentang,  pihaknya mengimbau kepada segenap pemerintah desa, untuk melakukan perencanaan yang matang, dalam menjalankan kegiatan dan mengaplikasikan  Dandes hingga Alokasi Dana Desa (ADD).

"Sebab, jangan nantinya para kapitalau ini, berurusan dengan hukum. Maka dari itu, (mereka,red) seyogyanya jangan sungkan untuk meminta pendampingan dari pemerintah daerah, melalui DPMD," ucapnya. Maka lanjut Dalentang perlu adanya sinergitas, dan koordinasi, baik dari pemerintah kampung, kecamatan maupun DPMD

"Selain itu, perlu adanya RPJMDes untuk perencanaan jangka menengah, agar program kegiatan desa terlaksana dengan baik. Di sisi lain, pembangunan juga harus melibatkan seluruh unsur kampung, mulai dari majelis tua yang ada di desa hingga elemen masyarakat, agar pertanggungjawaban, dapat disaksikan seluruh pihak. Utamanya warga yang jadi sasaran  sehingga tidak mengundang kontroversi," tandasnya.(drp/jul)

Kirim Komentar