10 Jun 2019 09:37

Jadi Syarat ke PT, Distribusi Ijazah SMA/SMK Dipertanyakan

MyPassion
Grace Punuh

MANADOPOSTONLINE.COM—Distribusi ijazah bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat belum dilakukan dinas terkait. Hal ini menuai kritikan dari orangtua murid dan wali siswa di sejumlah kabupaten/kota. Pasalnya, ijazah menjadi syarat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (PT), termasuk jika ingin masuk TNI/Polri.

 

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut Grace Punuh mengatakan, proses pengiriman ijazah ke masing-masing daerah, termasuk Sulut, sudah mulai running.

"Jadi untuk pengadaan ijasah baik SMA dan SMK, menjadi tanggung jawab direktorat masing-masing. Kalau SMA di direktorat SMA, ya kalau SMK ya di direktorat SMK. Dan sekarang dalam tahap pengiriman ke masing-masing daerah. Termasuk Sulut. Dan kita di provinsi hanya menunggu saja pengiriman itu. Dan kalau pun ada keterlambatan penyaluran ijazah, Kemendikbud pasti sudah menyurati TNI dan Polri agar tidak ada putra-putri daerah kesulitan," tuturnya.

Punuh mengatakan, kewenangan provinsi dalam pengaturan ijazah adalah mendistribusikan ke sekolah SMA dan SMK di 15 kabupaten/kota. Dirinya belum bisa memastikan kapan ijazah bisa sampai ke Sulut. Namun dirinya mengatakan pengiriman dari direktorat masing-masing mulai berlangsung.

Dia juga meminta setiap sekolah nantinya jika sudah menerima ijazah, harus langsung disalurkan kepada siswa-siswi.

"Provinsi itu hanya menunggu dari direktorat. Jadi kalau sudah ada, maka kita kirimkan ke 15 kabupaten/kota. Yang sesuai kewenangan kita adalah SMA dan SMK. Yang pasti jika ijazah sudah sampai ke masing-masing sekolah, maka sudah harus langsung diberitahukan kepada siswa-siswi. Agar proses pengambilan bisa lakukan. Karena memang saat ini proses pengiriman dari pusat sudah sementara berlangsung," tandasnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar