10 Jun 2019 14:03

Festival Binarundak Kotamobagu Satukan Warga

MyPassion
Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara menghadiri Festival Binarundak di Kelurahan Motoboi Besar.(Humas Pemkot)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kelurahan Motoboi Besar rutin melaksanakan Festival Binarundak setiap tahun. Perayaan Festival Binarundak, kali ini terasa cukup berbeda dari tahun 2018.

Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara mengatakan, Festival Binarundak tahun 2019 sangat berbeda jauh dengan festival yang digelar tahun 2018. Bagi Tatong, Festival Binarundak tahun 2018 jauh dari kesan filosofi binarundak itu sendiri.

"Jika tahun lalu itu, ada banyak titik perayaan Festival Binarundak di Motoboi Besar ini, terkesan tidak satu, sebagaimana filosofi dari binarundak itu sendiri, yang dibuat dari berbagai macam bahan tetapi akhir menjadi satu," ungkapnya.

Namun wali kota cukup memakluminya, dimana tahun 2018 adalah tahun politik bagi warga Kotamobagu. "Lepas dari itu, kini Festival Binarundak sudah kembali menjadi satu, yaitu Festival Binarundak yang lahir dari ide warga Motoboi Besar. Insya Allah selepas bulan suci Ramadan dan lebaran ini, kita semua menjadi satu, sama halnya dengan filosofi binarundak," terangnya

Dia menjelaskan, Festival Binarundak dilaksanakan warga kelurahan Motoboi Besar sebagai wadah silaturahmi antara sesama warga Motoboi Besar yang ada diperantauan dan datang setahun sekali, bertepatan pada momen Idul Fitri.

"Tahun ini, sebanyak 1.500 kg beras puluh/ketan dan 1.500 kg kelapa dipadukan dan disatukan kedalam bambu yang kemudian menjadikannya makanan khas binarundak," jelasnya. Diketahui, perayaan Festival Binarundak turut dihadiri Wakil Wali kota Nayodo Kurniawan.(tr-06/ite)

Kirim Komentar