10 Jun 2019 13:04
Dilakukan Tahun Depan

Dishub Sangihe Usulkan Pengembangan Bandara Naha

MyPassion
Ilustrasi bandara.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Penambahan landasan pacu Bandara Naha mendesak. Tak hanya itu, terminal bandara pun digenjot untuk dikembangkan.

Usulan ini sedang diramu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melalui Dinas Perhubungan (Dishub). “Sebenarnya pengembangan terminal bandara Naha itu sudah sejak 2017, dengan dana 7,5 miliar. Namun terkendala pembebasan lahan. Jadi dana tersebut dikembalikan lagi ke Kementerian Perhubungan,” jelas Kepala Dishub Frans Purawouw.

Lanjutnya, pengembangan fasilitas ini akan dilakukan tahun 2020. Pihaknya dengan Komisi B DPRD Sangihe akan ke Jakarta untuk melobi anggaran terminal Bandara Naha.

Dia mengakui, terminal bandara harus direhab dan dipindahkan. Karena sangat dekat dengan run way (landasan). “Jadi terminal bandara akan dipindahkan,” jelasnya. Purawouw melanjutkan, untuk penambahan panjang landasan, Pemkab sudah menyiapkan anggaran Rp 2,1 miliar untuk pengadaan lahan.

“Jadi pengadaan lahan kewajiban Pemkab. Kita sudah menyiapkan 2 miliar untuk pengadaan lahan serta 100 juta perencanaan. Run way saat ini panjangnya 1.600 meter. Ditambah panjang off taker 200 meter. Nantinya ditambah 200 meter menjadi 2.000 meter. Dimana panjang run way akan bertambah menjadi 1.800 meter,” ungkap Purawouw.

Dia menambahkan, pihaknya menyiapkan anggaran pembayaran tanah sekitar 95 ribu sampai 100 ribu per meter untuk pembayaran tanah. Nanti untuk pembebasan lahan bukan lagi dilakukan tim pembebasan lahan lokal, tapi akan ada tim appraisal untuk melakukan penentuan nilai ganti rugi dan itu menjadi kewenangan mereka. 

“Tapi harga dari mereka 48 ribu dan menurut saya ini nominal sangat rendah. Mudah-mudahan akan ada kesepakatan harga tanah dengan masyarakat setempat. Sedangkan untuk kelengkapan berkas tanah itu sudah lengkap, tinggal menunggu kesepakatan harga dari tim appraisal,” kunci Porawouw.(wan/gel)

Kirim Komentar