08 Jun 2019 09:42

Paus Setujui Perubahan Kalimat Dalam Doa Bapa Kami

MyPassion
Paus Fransiskus

MANADOPOSTONLINE.COMPaus Fransiskus menyetujui perubahan kalimat dalam doa Bapa Kami. Bapa Kami merupakan pedoman doa yang diajarkan Yesus Kristus kepada murid-muridnya. Kalimat yang akan diubah dalam doa Bapa Kami versi Katolik adalah; “Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan.” Kalimat tersebut akan direvisi menjadi; “Jangan biarkan kami jatuh dalam pencobaan.”

 

Menurut Paus perubahan kalimat tersebut didasari alasan kuat. Sebab, terjemahan Bapa Kami dalam bahasa Inggris tidak tepat.

"Itu bukan terjemahan yang baik, sebab, itu seperti Tuhan yang membawa ke pencobaan,” sebut Paus seperti dikutip The Guardian dan dilansir dari Kumparan, Jumat (7/6). "(Harusnya) kita yang jatuh (ke dalam pencobaan). Bukan Dia (Tuhan) yang mendorong kita ke pencobaan," sambung dia.

“Seorang Bapa (Tuhan) tidak akan pernah melakukan itu, bapa akan membantu untuk bangun (dari pencobaan). Setanlah yang menuntun kita ke dalam pencobaan,” tegas Paus.

Meski sudah ada persetujuan Paus, belum bisa dipastikan kapan doa Bapa Kami yang memuat kalimat yang telah direvisi tersebut akan dipakai.

Sementara itu, Gereja Katolik di Inggris dan Wales telah menyatakan bahwa mereka belum berencana untuk menggunakan kata-kata baru di doa Bapa Kami. Doa bapa kami adalah doa yang paling suci bagi umat Katolik dan Kristen. Doa tersebut terdapat dalam Injil Matius 6:9-13.(gnr)

Kirim Komentar