07 Jun 2019 10:09
Penyakit Kronik Mengintai

Lebaran Selesai, Check Up!

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Opor, rendang, kuah bugis, sate kambing, gulai, soto, semur daging, dan kue kering jadi menu wajib di perayaan Idul Fitri. Jika makan tak dikontrol, maka wajib check up saat Lebaran usai.

 

dr Ricky Sondakh menuturkan, penyakit kronik bisa kambuh setelah Lebaran. Beberapa di antaranya bahkan menjadi lebih parah. Hal itu akibat pola mengonsumsi makanan.

“Ada beberapa penyakit yang mengintai tubuh usai Lebaran. Mulai dari diare, mag, kolesterol, juga hipertensi,” bebernya. Dia mencontohkan hipertensi.

Tekanan darah normal, 120/80. Dikatakan hipertensi jika tekanan darah di atas 130/80. "Hipertensi adalah penyakit degeneratif yang jika seseorang menderitanya harus rutin mengecek dan kemudian dikendalikan dengan cara minum obat," ujarnya saat di wawancarai Manado Post.

Hipertensi bisa dicegah dengan rajin olahraga dan atur pola makan serta kendalikan faktor stres. Tapi biasanya orang hipertensi sering menganggap remeh penyakit ini. Sehingga akhirnya bisa berakibat fatal.

Ahli Endoskopi Gastrointenstinal yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menjelaskan berbagai penyakit kronik umumnya cenderung akan mengalami kekambuhan setelah lebaran.

12
Kirim Komentar