07 Jun 2019 10:01

Umat Kristiani Ikut Lomba Monuntul

MyPassion
Lampu-lampu monuntul di Kelurahan Tumobui, Kecamatan Kotamobagu Timur menjadi pusat perhatian warga Kotamobagu. (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM-- Malam monuntul di Kotamobagu selalu meriah. Yang menariknya lagi, salah satu kelurahan yang penduduknya beragama Kristen juga ikut ambil bagian setiap tahunnya.

 

Yakni Kelurahan Tumobui, Kecamatan Kotamobagu Timur, yang menampilkan monuntul sejak lima tahun terakhir. Penampilan Tumobui ini jadi perhatian dengan ornamen lampu serta simbol keagamaan yang menandakan kerukunan umat bergama.

Lurah Tumobui Yody Tumbelaka mengatakan, meski masyarakat Kelurahan Tumobui adalah mayoritas umat Kristiani namun soal kegiatan monuntul, mereka tidak mau kalah dengan desa/kelurahan yang lain.

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat Kotamobagu bahwa kita juga ikut berpartisipasi dalam memeriahkan lomba monuntul yang dibuat di depan Jalan Siliwangi," ungkap Tumbelaka.

Menurutnya, monuntul di Tumobui ini pun jadi perhatian. Karena posisinya di tanah lapang di seberang jalan gereja. Ini jadi sasaran objek foto selfie. Banyak masyarakat yang menikmati malam monuntul. Termasuk kehadiran tim penilai monuntul.

"Memang kami tidak target juara, namun kami akan memberikan yang terbaik dan menunjukkan kepada publik bahwa kami juga siap memeriahkan," ujarnya.

Dia mengakui hiasan yang dibuat  berbentuk rumah-rumah ibadah. Ini melambangkan kerukunan serta toleransi umat beragama tetap terjaga dengan baik.

"Walaupun bentuk sederhana tapi kami bangga karena banyak umat masyarakat Muslim dan Kristiani yang berfoto dilokasi monuntul," terangnya.

Dia berharap,  dengan adanya monuntul di Kelurahan Tumobui, suasana Idul Fitri akan selalu meriah dan dapat dirasakan oleh seluruh umat beragama.

"Soal toleransi umat beragama di Kotamobagu, sudah teruji. Tahun 2017  Kotamobagu masuk 10 besar Kota Toleran se-Indonesia berdasarkan Setara Institute dan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP)," tandasnya. (tr-06/ite)

Kirim Komentar