07 Jun 2019 09:45

Sistem Pelayanan Rekrutmen CPNS Disiapkan

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini tak lama lagi dibuka. Persiapan dari instansi terkait mulai dilakukan. Seperti halnya Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Manado yang mulai menyiapkan sistem kepegawaian agar nantinya bisa berjalan dengan lancar saat rekrutmen CPNS dibuka.

 

"Jadi sambil menunggu arahan kebijakan teknis untuk pengadaan CPNS 2019 tersebut, saat ini kami sudah mulai melakukan persiapkan. Ya antara lain adalah mempercepat penyelesaian pekerjaan rutin kedepan yang mungkin bisa dilakukan agar layanan kepegawaian tidak terganggu.

Selain itu kami juga sudah memiliki tenaga pranata komputer yang memadai untuk menyongsong pekerjaan tersebut. Jadi sistem sudah mulai kita matangkan, agar tidak ada hambatan atau masalah saat penginputan formasi," ujar Kepala BKN Regional XI Manado Wakiran, Kamis (6/6).

Rincian jumlah dan jenis jabatan untuk formasi masing-masing instansi pusat dan daerah, menurut Wakiran, saat ini belum ditetapkan.

Demikian juga kebijakan teknisnya sampai saat ini masih belum ditetapkan BKN pusat serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Namun sembari menunggu penetapan tersebut, pihaknya sudah mematangkan sistem di daerah kerja Sulut.

"Sistem ini sangat penting untuk kita siapkan. Karena berkaca pada pengalaman lalu, banyak terdapat gangguan sistem. Maka harapan kami pada waktunya pemerintah menetapkan kebijakan teknis pelaksanaan pengadaan CPNS 2019 tersebut, kami dapat melaksanakan dengan baik. Jadi belum ada kesiapan khusus di kita.

Yang saat ini mempersiapkan secara khusus masih di unit-unit pada instansi terkait seperti di Pusat Perencanaan Kepegawaian dan Formasi BKN. Karena pusat yang menyiapkan penyusunan pertimbangan teknis jumlah dan jenis kebutuhan PNS. Dan KemenpanRB yang menyiapkan kebijakan rincian penetapan kebutuhan PNS pada masing-masing instansi. Serta Kementerian Keuangan yang mempersiapkan dukungan anggaran penyelenggaraan pengadaan CPNS," ujarnya.

12
Kirim Komentar