07 Jun 2019 09:42

Jalan Bandara Likupang Prioritas

MyPassion
Steve Kepel

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menjadikan pembangunan jalan Bandara-Likupang sebagai prioritas utama tahun ini. Apalagi jalan Bandara-Likupang bakal menunjang sejumlah sektor terlebih khusus Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang berlokasi di Likupang Minahasa Utara (Minut). Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Daerah Steve Kepel, Rabu (5/6).

 

"Jadi pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 31,5 kilometer yang diperkirakan akan menelan anggaran senilai Rp 631 miliar. Ini untuk menunjang rencana pembangunan KEK Pariwisata Tanjung Pulisan, Likupang. Serta membuka sentra-sentra produksi pertanian. Dan ini memang menjadi prioritas kita di tahun ini. Ya, kita sementara genjot pekerjaannya," tuturnya.

Kepel menerangkan, bahwa pembangunan Jalan Bandara-Likupang dibagi dalam empat segmen. Pembagian segmen tersebut, menurutnya, agar pekerjaan dapat dipercepat menyesuaikan dengan KEK yang bakal tuntas tahun ini. Ungkapnya, pembebasan lahan di beberapa titik juga masih sementara dilakukan. Namun bagi yang telah tuntas, sudah dilakukan pekerjaan fisik.

"Segmen satu Bandara Sam Ratulangi-Talawaan sepanjang 4,6 kilometer. Segmen dua Talawaan-Tatelu sepanjang 2,75 km. Segmen tiga Tatelu-Wasian sepanjang 4,1 kilometer dan segmen empat Wasian-Marinsouw sepanjang 20,1 kilometer. Semua segmen terus kita genjot, agar bisa secepatnya selesai. Kan tahun ini, KEK Pariwisata kita perkirakan bakal tuntas. Jadi harus diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai," ujarnya.

Hingga kini, Kepel mengatakan, pengerjaan jalan selebar 23 meter tersebut sudah mencapai lebih 1 kilometer persisnya di Desa Wasian hingga perbatasan Desa Lumpias. Dari titik itu, pengerjaan akan lanjut ke Desa Marinsow, Likupang Timur melintasi wilayah perkebunan.

"Kalau sudah selesai, nantinya mempermudah pergerakan lalu lintas kendaraan di lokasi KEK Pariwisata Likupang. Selain itu, pembangunan jalan Bandara-Likupang akan memberikan keuntungan lain, yaitu meningkatnya pertumbuhan ekonomi daerah karena bertambahnya jumlah kunjungan wisatawan ke Likupang. Kan lebih banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke Likupang karena waktu tempuh dari bandara ke Likupang jauh lebih singkat," tutupnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar