07 Jun 2019 09:54

Honorer dan P3K Kans Diangkat

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabar baik bagi seluruh pencari kerja (Pencaker, red) maupun tenaga honorer di Kota Tomohon. Dengan beredarnya kabar pemerintah pusat, bakal membuka lowongan CPNS usai Idul Fitri, peluang dibukanya jalur rekrutmen  umum dan pengangkatan honorer maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian  Kontrak Kerja (P3K) besar terbuka.

Lebih-lebih dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Daerah Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu pihaknya, memang masih membutuhkan tambahan abdi negara. Meski di tahun ini, telah menambah PNS sekira 200 orang.

“Kita tinggal menunggu instruksi lanjutan saja, kalau memang ada penerimaan untuk jalur umum. Tak tertutup kemungkinan kita laksanakan, begitu juga jika dikaji nantinya. Kekosongan PNS bisa disiasati dengan dengan mengangkat tenaga honorer maupun P3K,” urai Pontonuwu.

Lanjut dia, dari sisi spesifikasi profesi yang dibutuhkan. Pemkot Tomohon masih membutuhkan tambahan tenaga di bidang medis, pendidikan dan penyuluh pertanian.

“Kita masih butuh guru, dokter dan penyuluh pertanian. Ada juga administrasi, karena tiap tahunnya pasti ada sekitar 80-an PNS kita yang pensiun. Otomatis, dengan dibukanya penerimaan, tetap kita masih membutuhkan bantuan dari tenaga honorer dan kontrak,” bebernya.

Senada, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Gerardus Mogi menyatakan, dari sisi pengeluaran belanja Pemerintah Kota Bunga. Belum mencapai titik maksimal, atau masih di bawah 50 persen, dari batas yang ditetapkan untuk kuota belanja pegawai.

“Masih sekitar 46 persen kurang lebih. Masih longgar memang, apalagi tiap tahunnya pasti ada pengurangan, karena ada yang pensiun juga kan,” sebutnya.

Diketahui, jumlah PNS di Kota Tomohon berkisar 2.700-an orang, jumlah tersebut sudah termasuk CPNS baru yang direkrut awal tahun 2019. (jul)

Kirim Komentar