07 Jun 2019 09:57

Diminati Peneliti Asing, Lava Batu Bulan Jadi Objek Wisata

MyPassion
Bekas guguran lava Gunung Karangetang di Kampung Batu Bulan menjadi magnet wisatawan lokal dan mancanegara. (Don MP)

MANADOPOSTONLINE.COM - Bencana erupsi Gunung Karangetang, beberapa waktu lalu, memang memiliki dampak negatif bagi masyarakat. Meski begitu, jalur aliran lava yang disebabkan material yang dikeluarkan gunung berapi aktif tersebut.  Seakan menjadi magnet pariwisata baru bagi wisatawan mancanegara.

Ketua HPI Sitaro Dominic Derek mengatakan, sejak musim liburan sudah ada sekira lima trip rombongan wisatawan asing, yang datang melihat langsung bekas aliran lava yang berada di Desa Batu Bulan, Kecamatan Siau Barat Utara  (Sibarut) tersebut.

"Ini juga dapat dikategorikan sebagai spot wisata yang baru. Sebab, saat ini wisatawan dilarang untuk mendaki mendekati kawah Karangetang, sehingga aliran lava di Batu Bulan ini, menjadi alternatif bagi para wisatawan pecinta gunung api. Untuk pecinta gunung api memang kebanyakan adalah wisatawan dengan minat khusus, sebab dijadikan objek penelitian maupun bahan studi, dan didominasi oleh wisatawan asing," jelasnya

Sementara itu, Sylvain Eherremete salah satu wisatawan asal Perancis mengaku takjub dengan fenomena Gunung Karangetang.

" Karangetang masuk satu gunung teraktif di dunia, yang wajib dikunjungi untuk dipelajari," tuturnya diterjemahkan Dominic

Ia mengatakan Karangetang juga menjadi penentu kesuburan tanaman di Pulau Siau. "Sehingga gunung ini banyak memberikan berkah bagi masyarakat. Apalagi dalam penjelasan tur guide, gunung ini disakralkan, tentu ini menambah keingintahuan  kami tentang sejarah Karangetang, dan saya bersyukur dapat melihat langsung gunung ini," kuncinya  (don/jul)

Kirim Komentar