06 Jun 2019 09:37

Remisi Enam Napi Ditolak

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Momen Idul Fitri menjadi yang paling ditunggu para warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Amurang, di Kabupaten Minahasa Selatan. Pasalnya warga binaan yang beragama Islam akan resmi menerima remisi (potongan masa tahanan) hari raya Lebaran.

 

Tahun ini Lapas Amurang memberikan remisi kepada 10 warga binaan (narapidana). Hal tersebut disampaikan Kepala Lapas Amurang Marulye Simbolon. “Tahun ini awalnya kami usulkan ada 16 warga binaan. Namun yang mendapat remisi hari raya hanya 10 orang,” ujarnya.

 

Simbolon menjelaskan warga binaan yang mendapatkan potongan masa hukuman beragam. Dari 10 warga binaan, ada dua menerima remisi 15 hari, tujuh orang menerima remisi 1 bulan. “Ada juga warga binaan yang menerima remisi satu bulan 15  hari. Hanya satu orang yang terima satu bulan 15 hari, karena dia dinilai berperilaku baik dan juga ada penilaian khusus,” tukasnya.

Lanjutnya, pemberian remisi ini rutin diberikan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM pada momen hari raya Idul Fitri. Simbolon mengungapkan, remisi adalah salah satu hak yang diberikan dengan syarat tertentu seperti yang diatur oleh ketentuan undang-undang. “Misalnya pencapaian warga binaan yang berkelakuan baik selama mendapatkan pembinaan di lapas,” tutup Simbolon.(rgm/gnr)

Kirim Komentar