06 Jun 2019 09:33

Honor April Tak Kunjung Cair, Pahlawan Demokrasi Tuntut Hak

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Meski Pemilihan Umum (Pemilu, red) telah usai dan bisa berlangsung dengan sukses. Sejumlah kisah pilu masih tersisa bagi para pahlawan demokrasi. Pasalnya, sebagian dari Petugas PPK dan PPS di Kabupaten Kepulauan Sitaro, hingga saat ini belum menerima gaji sejak Bulan April.

Saat diwawancarai, salah satu petugas PPK yang enggan namanya dikorankan. Mengeluh, sebab telah melaksanakan tugas dengan sesuai tanggung jawab. Namun, kenyataannya hal tersebut seakan tak dihargai

"Apalagi proses Pemilu kali ini sangat panjang, dan kami sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan tanggung jawab yang dipercayakan. Untuk memastikan lancarnya penyelenggaraan pesta demokrasi.

Saya berharap pimpinan KPU Sitaro agar memperhatikan hak kami juga, apalagi SK pengangkatan kami berakhir di bulan ini. Tapi, sampai sekarang belum ada kejelasan terkait pembayaran honor," keluhnya serta sejumlah petugas PPS lainnya.

Sementara itu Ketua KPU Sitaro Stevanus Kaaro ketika dikonfirmasi turut membenarkan hal tersebut. "Memang, masih ada honor dari petugas PPS dan PPK di beberapa kecamatan yang belum terbayarkan. Hal ini disebabkan karena adanya SPJ yang belum dimasukkan bendahara," terangnya

Kaaro menambahkan, terkait teknis pembayaran honor PPK dan PPS nanti dikoordinasikan dengan Sekretaris KPU. "Sebab untuk anggaran sudah jadi teknis sekretaris, yang juga selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)," pungkasnya.

Terpisah Sekretaris KPU Sitaro Nevig Tamaka, ketika dikonfirmasi tak bisa berkelit terkait adanya honor pahlawan demokrasi yang tertunda tersebut. " Masih terkendala SPJ yang belum dilengkapi. Pastinya kita terus memacu pencairan honor mereka. Diupayakan secepatnya, usai cuti bersama pasti prosesnya segera kita lakukan,” terang Tamaka. (don/jul)

Kirim Komentar