05 Jun 2019 08:59

Umat Muslim Bitung Salat Id, Pemuda Gereja Berjaga di Depan Masjid

MyPassion
Ormas MPK dan AMNAM menjaga jalannya Salat Idul Fitri 1440 Hijriah di depan Masjid Nurul Huda Al-Jamal Manembo-nembo. (Swingly Repi/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Di momen hari raya Idul Fitri 1440 H, toleransi antarumat beragama sangat terasa di Bitung.

Tampak di Masjid Nurul Huda Al-Jamal Manembo-nembo, Kecamatan Matuari, ketika umat Muslim menjalankan ibadah Salad Id, puluhan anggota Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Manembo-nembo Pe Kawang (MPK) bersama Angkatan Muda Negeri Adat Manembo-nembo (Amnam) berjaga dan mengatur lalu lintas jalan.

Geraldo Lamongi, Ketua MPK mengatakan, pihaknya menurunkan 16 orang untuk berjaga di depan masjid. "Sedangkan dari Amnam 11 orang. Dari organisasi kami MPK, tidak ada perintah dari siapapun melainkan aksi spontanitas dan sudah menjadi tradisi untuk menjaga pelaksanaan Salat Idul Fitri di masjid ini," katanya, Rabu (5/6).

Tujuan dari aksi ini untuk menjalin toleransi antarumat beragama. "Khusunya di Manembo-nembo, bahwa kita tidak mengenal perbedaan agama. Maupun dia beragama Islam atau Kristen kita adalah satu atau torang semua basudara. Bukan saja pada masjid kita melakukan aksi ini, melainkan juga Hari-hari Raya Umat Kristen. Dalam organisasi MPK ini lebih mendominasi pemuda-pemuda daripada orangtua dan berada di Kelurahan Manembo-nembo serta tidak hanya memiliki anggota dari Umat Kristen melainkan ada juga Umat Islam. Sehingga saat Hari Raya Kristen, Anggota Umat Muslim yang menjaga di gereja," jelasnya. 

 Ibrahim Rifai, salah satu umat Islam yang baru selesai salat mengatakan sangat bagus karena di Kota Bitung menjaga kebersamaan antarumat beragama. "Melihat aksi dari ormas-ormas ini merupakan hal yang sangat bagus. Karena, ada kebersamaan antar umat beragama dengan bukti umat Kristen menjaga kami saat Salat Idul Fitri 1440 H,” ungkapnya.

Lanjutnya, dalam keadaan negara yang sedang banyak masalah tetapi di Bitung toleransi umat beragama masih terjaga. "Dalam keadaan negara yang begini, kita sering melihat di berita atau di media sosial banyak masalah-masalah yang terjadi. Tetapi, umumnya di Sulawesi Utara masyarakat tetap menjaga hubungan antar umat beragama khususnya di Bitung ada ormas yang menjaga kita sedang beribadah," tuturnya.(ctr-10)

Kirim Komentar