05 Jun 2019 09:05

Di Tomohon, Salat Id Khusyuk Menghadap Gunung Lokon

MyPassion
Momentum khusuk Idul Fitri 1440 H di Kota Tomohon. Pelaksanaan Shalat Ied di halaman Makor Rindam Tomohon para umat bersujud menghadap Gunung Lokon yang bertepatan dengan arah kiblat. (Wailan/MPO)

TOMOHON—Suasana khusyuk tersaji saat Salad Id umat muslim di Kota Tomohon. Perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah, pada Rabu( (5/6) berlangsung di halaman Mako Rindam XIII/Merdeka. Ribuan umat muslim bersujud dan berdoa memohon berkah dengan menghadap langsung ke arah Gunung Lokon yang seturut dengan arah kiblat. 

Sejak pagi sekira pukul 07.00, para jamaah mulai berkumpul dan mempersiapkan diri mengikuti salat. Dipimpin Imam Ustadz Sutardi A.K BA yang juga merupakan Imam Masjid Agung Al Mujahidin Tomohon mengantar para umat saat mengadakan salat. Sedangkan yang menjadi khotib yakni Ustadz Ahmad Junaedy MPd. "Tentunya lewat renungan tadi, apa yang kita lakukan dalam bulan Ramadan maupun ketaatan yang kita maknai harus kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya dalam momentum kali ini saja. Melihat kehidupan beragama di Tomohon, Manado dan Sulawesi Utara terus menjaga kerukunan lewat kerja sama, saling membantu dan sebagaimana antar satu agama dengan yang lainnya, sehingga harapannya kehiduoan berbangsa dan bernegara semakin jaya," jelas Junaedy yang juga merupakan pemipinan Pondok Pesantren Assalam Manado ini.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al Mujahidin Abdul Mahmud menuturkan kehidupan beragama di Tomohon sudah kami jalin sejak lama. "Upaya kami untuk lebih mempererat kebersamaan di Kota Tomohon, kami selalu membekali mulai para pemuda dan umat sekalian lewat pembinaan setiap pertemuan, pengajian dan majelis-majelis taklim untuk tetap menjaga kerukunan antar sesama umat kita dari agama lain. Alhamdulilah setiap menjalani puasa kami bisa memaknainya dengan baik dan bisa menjalaninya juga atas bantuan dari saudara-saudara kita non muslim di Kota Tomohon," lanjut Junaedy.

Sementara itu, pengawalan maksimal guna menjaga jalannya ibadah mendapat pengamanan dari Polres Tomohon. Dibawah pimpinan Wakapolres Kompol Joyce Wowor, terlihat para personil melakukan pengamanan baik ketertiban maupin kelancaran lalu lintas. "Kami membagi anggota di dua titik yakni Mako Rindam dan masjid Nurul Iman Kampung Jawa Tomohon. Sudah menjadi kewajiban kami untuk memgawal setiap jalannya proses hari raya keagamaan, untuk itu diterjunkan 75 personil gabungan hari ini untuk mengamankan jalannya Salat Id," tukas Wowor.

Selesai salat para umat memaknai momentum ini untuk saling bermaaf-maafan. Sedangkan total jumlah edaran yang dijalankan 14 juta tiga ratus ribu rupiah.(wam)

Kirim Komentar