04 Jun 2019 14:40

Pemkot Tomohon Mudahkan Administrasi Kependudukan

MyPassion
Jimmy Eman

MANADOPOSTONLINE.COM—Terobosan di bidang administrasi kependudukan  terus dilakukan Pemerintah Kota Tomohon, lewat arahan  Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak CA, kini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil, red),bisa melayani masyarakat secara digital.

'Meliputi tanda tangan digital, layanan online akte kelahiran, aplikasi Dukcapil Tomohon 1.0, digital publik informasi. Peluncuran ini dirangkaikan dengan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan serta Penetapan Tim Reaksi Cepat (TRC) Pelangi," beber Eman baru-baru ini.

Lanjut dia,  pelayanan masyarakat lebih dipermudah dengan alat-alat digital. Hal ini menyesuaikan dengan kemajuan teknologi dan informasi.

”Sudah jadi  tugas pemerintah menyediakan data secara akurat dan mutakhir untuk mewujudkan administrasi kependudukan secara terpadu,” kata dia.

Ditambahkannya, setiap penduduk berhak memiliki dokumen kependudukan dan perlindungan data pribadi, kepastian hukum atas dokumen.

Sementara itu,  Kepala Disdukcapil Daerah Kota  Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tomohon Albert J Tulus SH mengatakan, data kependudukan perlu akurasi. Lebih dari itu, kecepatan dan kemudahan  pelayanan publik yang utama.

”Masyarakat diharapkan sadar administrasi kependudukan dengan memiliki semua dokumen kependudukan seperti KTP, KK, akte kelahiran, akte nikah dan dokumen lainnya,” tukas Tulus.(jul)

Kirim Komentar