04 Jun 2019 09:33

Pemetaan Kualitas PNS Jadi Prioritas

MyPassion
Steven Kandouw

MANADOPOSTONLINE.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) tahun ini bakal memetakan kualitas dari semua Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemetaan ini juga, bakal menjadi prioritas utama untuk dilakukan.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Senin (3/6). Saat ini juga dirinya mengakui bahwa belum 100 persen PNS yang telah diukur kemampuan dan kompetensi bidang.

"Tahun lalu, baru 200 PNS yang ikut pemetaan kualitas dan kompetisi bidang. Itu karena alokasi pemetaan dari pemerintah pusat masih terbatas. Namun tahun ini, kita akan meminta alokasi lebih untuk dilakukan pemetaan kualitas dan kompetensi bidang. Agar supaya semua PNS di Sulut dapat diukur seperti apa kualitas penyelenggaraan pemerintahan mereka," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Manado Wakiran mengatakan, selain pemprov, ada 15 kabupaten/kota di Sulut bakal digilir jika memang mendapat alokasi lebih untuk pemetaan.

Dan menurutnya, akan dimulai dari Pemprov Sulut. Penempatan PNS kedepannya juga menurut Wakiran, bakal mengacu hasil pemetaan ini.

"Integritas dan kompetensi ini sangat penting dilakukan. Karena pemerintah yang sekarang, mengedepankan merit sistem dalam pemberian jabatan, mutasi serta promosi. Karena itu, jika sudah ada data terkait kualitas PNS. Maka penempatan, mutasi serta promosi akan tepat sasaran. Jadi kita prioritaskan untuk tahun ini kembali dilakukan," tutupnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar