04 Jun 2019 08:21

Idul Fitri, Ayo Rawat Keragaman

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Lebaran ditetapkan jatuh Rabu 5 Juni 2019. Tokoh dari lintas agama di Sulut, memberikan pesan semangat persatuan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah.

 

Perayaan tahun ini diharapkan bisa terus meningkatkan persaudaraan, kekeluargaan, kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama.

“Idul Fitri tahun ini, marilah kita kuatkan lagi tali persaudaraan sebangsa dan se-tanah air, untuk terus mengawal dan menjaga toleransi antar sesama yang telah kita rawat selama ini,” pesan Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Pdt Dr Hein Arina.

Ditambahkan Uskup Manado Mgr Benedictus Rolly Untu MSC, dalam momentum Idul Fitri, hendaknya umat Kristiani dan Muslim bisa menuju kolaborasi untuk memajukan bangsa.

“Kami mengajak juga umat Muslim untuk terus menjaga persaudaraan yang harmonis dalam masyarakat dan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat merayakan Idul Fitri dengan penuh sukacita,” sebut Uskup Untu.

Terkait perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Gubernur Sulut Olly Dondokambey berharap situasi kamtibmas Sulut tetap kondusif. “Kami sangat mengharapkan keamanan, ketertiban di dalam menyambut hari raya ini, juga kita semua harus turut berpartisipasi agar Sulawesi Utara benar-benar menjadi daerah yang aman, tentram dan damai,” sambungnya.

Gubernur juga meminta dukungan peran dari para tokoh agama di Sulut untuk terus menjaga kerukunan antar umat beragama. “Toleransi harus selalu terjaga dengan baik. Sehingga Sulut menjadi contoh bagi provinsi yang lain dalam hal kerukunan masyarakatnya,” tukasnya.

Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto berpesan kepada masyarakat agar terus menjaga kamtibmas selama perayaan Idul Fitri. “Dengan semangat Idul Fitri ini, diharapkan sisi kebangsaan Indonesia semakin dikuatkan dengan adanya toleransi antar umat beragama dan kerukunan di Sulawesi Utara yang sama-sama kita cintai,” tandas Irjen Sigid.

Ditambahkan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Lebaran merupakan momen untuk mempererat tali silaturahmi.

“Bulan suci Ramadan adalah bulan yang mulia, bulan yang penuh berkah, sehingga kita semua hendaknya dapat memanfaatkan bulan suci ini dengan sebaik-baiknya,” tutup Aritonang.(gnr)

Kirim Komentar