04 Jun 2019 14:57

Gara-gara Tak Ikut Buka Puasa Bersama, Sekdes Togid Diberhentikan

MyPassion
Ilustrasi.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sekretaris Desa (Sekdes) Togid Djisman Boroma langsung dinonaktifkan Bupati Boltim Sehan Landjar, setelah tak hadir dalam undangan buka puasa bersama keluarga besar Pemerintah Kabupaten Boltim, di Desa Togid.

Bupati menilai Sekdes Togid tak loyal terhadap pimpinan, karena tidak memenuhi undangan Pemkab Boltim. Apalagi dia sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ditambah lagi, sebagai penanggung jawab di tempat, di mana acara buka puasa digelar. "Harusnya perangkat di desa jadi contoh, kepada masyarakat dalam menghadiri semua hajatan di desa," kata Landjar.

Dia menekankan, jika ada halangan segera melapor ke sangadi. Bukan hanya diam. Itu berarti tidak bertanggung jawab terhadap tugas serta instruksi pimpinan. Hal ini menurutnya, harus segera ditindak lanjuti agar ke depan tidak ada lagi persoalan yang seperti ini muncul di desa.

"Saya harus tegas. Agar roda pemerintah berjalan dengan baik antara pimpinan dan staf di desa hingga pemerintah daerah," katanya. Dia menambahkan, untuk sementara dana desa baik ADD dan DD dari desa Togid ditahan sementara, sampai masalah ini selesai.

Terpisah, Sekdes Boroma mengatakan waktu upacara hadir. Namun setelah itu penyakit asam urat kambuh, sehingga tak bisa jalan. Dia mengatakan, sebenarnya akan hadir. Namun kaki tak bisa jalan, karena asam urat.  Dia pun tidak mempermasalahkan pemecatan tersebut. "Jika memang sudah keputusan bupati, untuk dinonaktifkan sebagai sekdes, maka tinggal menunggu berkas dan administrasinya. Saya harus siap," akunya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Robi Mamonto mengatakan, langsung tindak lanjuti hari ini. "Kami langsung buat suratnya dan diserahkan ke bupati. Untuk ditanda tangani proses nonaktif," ujar Robi Mamonto. “Rencananya, akan dibimbing terlebih dahulu di BKPSDM, sesuai aturan ASN, untuk menunggu proses lebih lanjut," tandasnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar