04 Jun 2019 14:49

Drainase Buruk Picu Banjir di Tahuna

MyPassion
Gory Londo

MANADOPOSTONLINE.COM—Hujan deras yang melanda Tahuna, membuat pusat kota langsung terendam banjir. Beberapa warga Tahuna mengatakan, penyebab banjir belum ada solusinya. “Mungkin ini bisa disebut pembiaran. Sebab setiap kali hujan deras, pusat kota yang lebih dulu tergenang banjir. Termasuk kompleks sekolah dan pemukiman di Kelurahan Sawang Bendar dan Apengsembeka,” ungkap Isky, warga Kelurahan Soataloara Tahuna. Dia meminta instansi teknis segera mencari solusi. Agar pusat kota Tahuna terbebas dari banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sangihe Ir Gory Londo dikonfirmasi wartawan mengatakan, penyebab banjir di beberapa titik pusat kota Tahuna karena tidak maksimalnya fungsi drainase. Akibat tertimbun pasir dan lumpur. Pemicu lainnya, kondisi elevasi air laut kota Tahuna lebih tinggi dari daratan. Sehingga banjir tak dapat terelakkan, ketika turun hujan deras disertai air pasang.

“Elevasi air laut lebih tinggi dari drainase kota Tahuna. Sehingga ketika air pasang, masuk ke drainase. Apalagi bersamaan dengan hujan. Beberapa titik di pusat kota dan kelurahan Sawang Benda serta Kelurahan Apengsembeka langsung tergenang air,”ujarnya.

Londo menambahkan, saat ini melalui program Kotaku, pihaknya berupaya mendesain kembali penataan drainase pusat kota Tahuna. "Kami juga berharap akan ada terobosan untuk mendapatkan dana perbaikan drainase," kuncinya.(wan/gel)

Kirim Komentar