04 Jun 2019 15:02

Dandes Kotamobagu Fantastis

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM— Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di 15 desa yang ada di Kota Kotamobagu sangat fantastis.

Seperti Desa Sia yang penduduk paling sedikit di Kotamobagu, mendapatkan APBDes sebanyak Rp 3.214.428.100, yang sumber dari pendapatan dana desa (dandes), Alokasi Dana Desa (ADD), Bagi Hasil Pajak Daerah (DHPD) dan Bagi Hasil Retribusi Daerah (BHRD). “Desa yang menerima anggaran paling besar adalah Desa Kobo Kecil dengan anggaran Rp 5.564.997.000,” beber Kepala Seksi Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Kotamobagu Rum Mokoagow.

Dia mengungkapkan, ke-15 desa di Kotamobagu sudah mencairkan APBDes tahap pertama. "Desa Bungko yang paling terakhir melakukan pencairan tahap pertama," ungkapnya.

Dia membeber, sudah ada pula beberapa desa yang mengajukan pencairan tahap kedua. "Untuk persyaratan pengajuan dandes tahap kedua yakni serapan anggaran tahap 1 minimal 75 persen,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, sistem penyaluran dandes tiga tahap. Yakni 20 tahap ketiga, tahap kedua 40 persen dan tahap pertama 40 persen. “Ketentuannya pencarian dandes sudah diatur dalam peraturan wali kota (perwako)," tandasnya.(tr-06/ite)

Kirim Komentar