04 Jun 2019 14:11

Banyak Tahun 80-an, Angkot di Manado Perlu Peremajaan

MyPassion
Ilus.(dok Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Angkutan kota (angkot) di Kota Manado perlu peremajaan. Karena banyak yang beroperasi, angkot tahun 1980-an.

Sekretaris Organda Sulut Tery Umbo menyorot keberadaan angkot di Kota Manado yang tidak pernah dilakukan peremajaan. Menurut dia, angkot paling muda tahun 2002. “Paling muda umur angkot 17 tahun. Karena sejak 2002 tidak ada penambahan angkot di Manado,” sebutnya.

Dia mengatakan, paling banyak angkot beroperasi di Kota Manado tahun 1980-an. Ini yang butuh diremajakan. “Sebab angkot yang sudah berumur 39 tahun kebanyakan tidak layak. Sering mogok di tengah jalan. Menyebabkan kemacetan,” katanya.

Menurut dia, sebagai Kota Pariwisata sudah seharusnya angkot diremajakan, diganti full AC. Sehingga bisa bersaing dengan taxi online. “Kalau tidak dilakukan peremajaan, ini menjadi sorotan wisatawan. Karena ada turis ditemukan naik angkot,” katanya.  Dia berharap, Pemkot Manado melalui Dinas Perhubungan segera melakukan peremajaan angkot di Manado. “Karena masalah ini sudah lama dibiarkan tetapi belum ditindaklanjuti,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado Michael Tandirerung mengakui, kalau banyak angkot di Kota Manado itu sudah tua. Karena paling mudah tahun 2002. “Untuk peremajaan angkot di Manado butuh kajian,” katanya.

Menurut dia, pihaknya akan segera membuat kajian terkait peremajaan angkot di Manado kepada Wali Kota Manado, agar mendapatkan persetujuan. “Jadi kami akan membuat solusi atas peremajaan angkot, agar disetujui pak wali kota,” pungkasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar