03 Jun 2019 12:26
Dibangun di Lima Lokpri

Tenaga Kesehatan Perbatasan Sangihe Punya Rudis

MyPassion
Jopy Thungari

MANADOPOSTONLINE.COM—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe kembali mendapatkan hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Berupa bantuan pembangunan rumah dinas bagi tenaga medis di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang masuk lokasi prioritas (lokpri).

 

Kepala Dinkes Sangihe Jopy Thungari membeberkan, bantuan tersebut langsung dari Kementerian PUPR. Tidak melalui daerah. Dikhususkan untuk lokasi prioritas di Kabupaten Sangihe. Diantaranya Kecamatan Marore, Tabukan Utara (Tabut), Nusa Tabukan (Nustab), Kendahe dan Tahuna. Kelima wilayah kecamatan tersebut diakui Thungari langsung dipilih pusat. Karena wilayah paling dekat berbatasan dengan Filipina.

“Lokpri hanya di lima wilayah tersebut. Saat ini Pemkab Sangihe sementara berjuang agar semua wilayah di Kabupaten Sangihe masuk lokpri. Karena kita memang dekat dengan perbatasan,” ungkapnya.

Lanjut Thungari, tahun ini pihaknya telah mengusulkan kembali pembangunan. Akan dibangun tenaga medis di Puskesmas Enemawira Kecamatan Tabut. Sementara 2018 lalu, rudis bagi tenaga medis dibangun di Puskesmas Kalasuge Kecamatan Tabut dan di Puskesmas Nustab. Tahun 2020 di Puskesmas Marore. “Saat ini tim kami sedang mensurvei lokasi. Karena yang diminta Kementerian PUPR yakni lokasi pembangunan,” kuncinya. (wan/gel)

Kirim Komentar