03 Jun 2019 13:15

Penyaluran Makin Ketat, Kepsek di Minsel Kewalahan Susun LPJ DanBos

MyPassion
Ilustrasi.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Dana Bantuan Operasional Sekolah (Danbos) Triwulan II untuk 234 SD dan 83 SMP mulai disalurkan. Dana BOS triwulan sebesar Rp 10,4 miliar itu akan disalurkan dengan syarat kepala sekolah (kepsek) wajib memasukkan laporan pertanggungjawaban (LPj).

 

Jika ada sekolah yang belum memiliki LPJ dipastikan penyaluran bakal terhambat. “Sekarang dana bos triwulan II sudah sementara disalurkan bagi sekolah yang sudah menggenapi LPJnya. Memang pengurusan untuk dana BOS ini kita perketat, itu untuk menjaga nantinya ketika ada pemeriksaan BPK,” ujarnya, Minggu (2/6).

Raco juga mengatakan, masih banyak sekolah yang belum mengurus BOS triwulan II karena ada kepsek kewalahan membuat LPj. "Masih banyak yang belum mengerti cara penyusunan LPj. Jadi untuk di triwulan ini masih banyak yang belum mengurus. Jadi nanti selesai libur panjang akan kita lakukan monitoring ke sekolah-sekolah," tukasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Naomie mengatakan, sampai saat ini dari 234 SD, baru 193 sekolah yang sudah melaporkan LPj untuk pencairan Danbos Triwulan II. Sementara untuk SMP dari 83 sekolah, yang sudah melapor 63 sekolah. “Dari itu saja masih ada yang berkas LPjnya saya kembalikan untuk diperbaiki atau ditambahkan. Nanti setelah selesai diperiksa, laporan sudah lengkap baru kita keluarkan rekomendasi untuk ambil dana BOSnya,” tukasnya.(rgm/gnr)

Kirim Komentar