03 Jun 2019 08:36

Pasca Libur, PPK Wajib Pantau PNS

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) saat ini sedang menjalankan masa liburan. Namun 10 Juni, semua PNS wajib masuk kantor.

 

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Manado Wakiran mengatakan, sebagai upaya penegakan disiplin, pihaknya mendorong Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan pejabat berwenang di seluruh instansi pemerintah melakukan pengawasan.

"Jadi pasca libur, semua PPK wajib melakukan pemantauan kehadiran PNS. Langkah ini juga dilakukan untuk optimalisasi pelayanan publik. Karena sudah ada surat edaran MenpanRB terkait pemantauan kehadiran PNS sesudah cuti. Laporan diinput melalui aplikasi. Paling lambat pukul 15.00 WIB. Jadi pemantauan ini sifatnya wajib," tuturnya.

Wakiran mengatakan, untuk petunjuk pengisian aplikasi tersedia dalam halaman aplikasi tersebut. "Untuk penjatuhan hukuman disiplin kepada PNS dapat dilaporkan kepada MenpanRB serta ditembuskan kepada Kepala BKN paling lambat 10 Juli 2019," ujarnya.

Pengamat pemerintahan Dr Ronny Gosal mengatakan, wajar jika TKD dipotong ketika tidak masuk di hari pertama libur panjang.

"TKD syaratnya adalah kedisiplinan. Jadi kalau tidak masuk, berarti tidak disiplin. Wajar kalau dipotong. Kita juga sebagai akademisi, harus mengkritisi kedisiplinan penyelenggaraan pemerintahan. Apalagi gaji dan tunjangan mereka menggunakan uang rakyat. Tentu harus disiplin," tandasnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar