03 Jun 2019 12:15

Dukung Desa Wisata, Bangun Rumah Adat

MyPassion
Salah satu rumah adat di Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur.(Claudia/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemanfaatan dana desa (dandes) di Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur dalam pengembangan sektor kebudayaan dan pariwisata benar-benar maksimal. Hal itu dibuktikan dengan adanya pembangunan rumah adat Bolaang Mongondow yang juga sebagai museum budaya di Kotamobagu.  

Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Kobo Kecil Irwan Mokodompit, pembangunan rumah adat tersebut adalah salah satu persyaratan untuk menjadi desa wisata di Kotamobagu. "Tahun lalu desa ini sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata, dan salah satu persyaratannya harus ada rumah adat. Sehingga kami bangun lewat dandes 2017 dengan anggaran kurang lebih Rp 100 juta," ungkap sekdes.

Untuk tahun ini kata sekdes, akan menganggarkan segala kelengkapan  dan fasilitas penunjang lainnya. "Jadi semua kebutuhan dari lembaga adat di sini akan kami anggarkan, nantinya akan disimpan di rumah adat itu. Tentunya akan berkoordinasi dengan lembaga adat di sini untuk kelengkapan fasilitas lainnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu Agung Adaty menambahkan, Desa Kobo Kecil sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata di Kotamobagu pada tahun lalu. 

"Jadi selain wisatanya, rumah adat juga perlu dibangun sebagai salah satu persyaratan desa wisata. Dan itu sangat bagus karena pembangunannya sudah ada, tinggal bagaimana pemerintah mendorong kelengkapan fasilitas lainnya lewat dandes," pungkasnya.(tr-06/ite)

Kirim Komentar