03 Jun 2019 12:41

Bupati Sangihe: Harla Pancasila Perkokoh NKRI

MyPassion
Jabes Gaghana

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar upacara memperingati Hari Lahir (harla) Pancasila, Sabtu (1/6), pekan lalu. Di lapangan Santiago, rumah jabatan Bupati.

 

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana ME menyatakan Pancasila mampu menyatukan satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kondisi geografis memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan. Ini makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia,” kata Gaghana.

Dia menambahkan, masyarakat dapat hidup dalam bingkai kebangsaan yang inklusif, proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila. Ini harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus-menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Berkat Pancasila yang berkeadilan dengan nilai-nilai toleransi dan gotong royong, keberagaman menjadi suatu berkat. Sebagai bintang penuntun keberagaman, dapat menjadi identitas nasional dan wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,” tutup Gaghana.

Turut hadir Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Edwin Roring SE, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo, Kapolres Sangihe AKBP Sudung F Napitu SIK, para pimpianan OPD, TNI-Polri, Satpol PP, ASN di lingkup Pemkab Sangihe, mahasiswa dan siswa.(wan/gel)

Kirim Komentar