03 Jun 2019 12:08

Bupati Boltim: Pancasila Jaga Persatuan Bangsa

MyPassion
Pengibaran Bendera Merah Putih saat upacara Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Kantor Bupati Boltim, akhir pekan lalu.(Ayurahmi/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Bupati Bolmong Timur (Boltim) Sehan Landjar mengajak seluruh masyarakat untuk mengamankan dan mengamalkan Pancasila. "Sebagai warga Indonesia, wajib mengamankan dan mengamalkan Pancasila secara terus menerus dan stimulan, agar Indonesia tetap dalam bingkai NKRI dan selalu damai," ungkapnya, di sela upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Kantor Bupati akhir pekan lalu.

Pantauan Manado Post, meskipun upacara dilaksanakan pukul 14.00 Wita, namun semua PNS Boltim antusias mengikuti upacara tersebut. Landjar pun mengapresiasi semangat para PNS tersebut. Bupati dua periode tersebut pun membacakan sambutan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI dihadapan ribuan peserta upacara yang hadir.

Dia menekankan, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, serta pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa. Hal tersebut merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang maha kuasa.

"Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian asasi yang harus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat, hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif," jelasnya.

Pada konteks ini, lanjutnya,  Presiden Indonesia Joko Widodo berpesan bahwa dalam peringatan hari Pancasila kita harus berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah. "Melahirkan sebuah ideologi bangsa tentunya membutuhkan perjuangan yang begitu keras. Pancasila mampu menghadirkan persatuan dan kesatuan bangsa. Tidak membedakan yang sama dan tidak menyamakan yang beda. Saya berharap momentum ini bisa kita pergunakan untuk terus mencintai Indonesia dengan cara menjaga persaudaraan. Khususnya kita yang ada di Kabupaten Boltim," tutupnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar