03 Jun 2019 12:04

Bupati Bolmong: Pancasila Jadi Sumber Inspirasi Politik

MyPassion
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow jadi inspektur upacara Hari Kelahiran Pancasila, di halaman Kantor Bupati Lolak, Sabtu (1/6).(dok Pribadi)

MANADOPOSTONLINE.COM—Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow jadi inspektur upacara Hari Kelahiran Pancasila, di halaman Kantor Bupati Lolak, Sabtu (1/6). Bupati ketika membacakan sambutan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Hariyono mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara dan anugerah dari Tuhan, mampu menyatukan semua suku dan agama di Indonesia sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan, makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, keberagaman secara natural merupakan karakteristik Indonesia, demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia, sudah ada sejak masa praaksara hingga sekarang.

"Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa," tuturnya.

Lanjutnya, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi, harus terus diperjuangkan. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi suatu berkah.

"Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada, dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan 'Bhinneka Tunggal Ika'," jelasnya.

Dia berharap, perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi, yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan Pancasila secara simultan dan terus menerus.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan membawa kemajuan dan kebahagiaan bagi seluruh bangsa Indonesia,” pungkasnya.(cw-03/ite)

Kirim Komentar