01 Jun 2019 08:23

Dahan Dikelola Kecamatan, Mewoh: Setiap Kelurahan Terima 300 Juta

MyPassion
Roy Mewoh

MANADOPOSTONLINE.COM—Dana kelurahan (Dahan) yang menjadi program pemerintah pusat dikelola oleh kecamatan. Ditegaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Roy Mewoh, dikelolanya dahan di tingkat kecamatan sembari menunggu petunjuk teknis (juknis). Informasi yang diterima, Dahan disalurkan melalui Direktur Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

 

"Jadi dari informasi pusat, yang mengelola ini Direktur Kewilayahan Kemendagri. Masuk ke kecamatan untuk nantinya dikelola lebih lanjut. Setiap kelurahan juga menerima Rp 300 juta setiap tahunnya. Namun digunakan untuk apa dan kapan disalurkan kita harus menunggu juknis," tuturnya, Jumat (31/5).

Mewoh mengatakan, dahan masuk dalam struktur Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Namun untuk memastikan apakah dahan akan cair secara rapel terhitung sejak Januari sampai Maret, atau terhitung juknis terbit, dirinya belum bisa memastikan 100 persen.

Yang pasti, menurutnya, dahan yang akan diterima setiap kelurahan berjumlah Rp 300 juta per tahun. Untuk saat ini juga, dibeberkan Mewoh, ada sekitar 300-an kelurahan yang memang akan menerima dahan ini.

Pengamat pemerintahan Dr Stefanus Sampe mengatakan, keinginan pemerintah pusat dengan memberikan dahan memiliki substansi yang sama dengan dandes.

Yaitu untuk menekan angka kemiskinan. Dan langkah ini juga, menurut Sampe, bisa dikatakan tepat. Namun harus diimbangi dengan SDM pengelolaan keuangan yang matang dalam setiap kelurahan.

"SDM pengelola keuangan di kelurahan itu sangat penting. Saya takutnya, akan sama dengan awal bergulirnya dandes. Kan banyak yang ditangkap karena penyalahgunaan. Itu karena tidak ada SDM yang mampu mengelola keuangan. LPJ juga masih sulit sampai sekarang. Jadi saya harap, pengelolaan keuangan harus matang dan transparan," katanya.(tr-02/can)

Kirim Komentar