01 Jun 2019 07:53

Baca Nih! Info Penting Penyelenggara dan Peserta Pemilu 2019

MyPassion
Arief Budiman

MANADOPOSTONLINE.COMInfo ini penting bagi penyelenggara dan peserta Pemilu 2019 di Sulawesi Utara (Sulut). Awal Juni mendatang Mahkamah Konstitusi (MK) ‎mulai memproses seluruh gugatan sengketa pemilu 2019, baik untuk pileg ataupun pilpres.

Pada daerah yang ada sengketa ini, calon anggota legislatif (caleg) terpilih belum bisa langsung ditetapkan, dan harus menunggu putusan MK. Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum RI (KPU), Arief Budiman‎ menambahkan, di daerah pemilihan (dapil) yang tidak ada sengketanya, caleg terpilih bisa segera ditetapkan oleh KPU.

“Nah, dalam hal menetapkan calon terpilih tidak terpengaruh dengan adanya sengketa, maka dia bisa menetapkan. Tapi kalau terpengaruh tidak bisa,” ujar Arief di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (31/5) dilansir dari Jawa Pos (grup Manado Post).

Hal sama berlaku pada caleg DPD di pemilu 2019 ini. Apabila daerah pemilihannya tidak ada yang mengajukan sengketa pemilu di lembaga penguji undang-undang tersebut, aka caleg DPD terpilih bisa ditetapkan.

“Kemudian DPD misalnya di sebuah provinsi ada yang disengketakan, maka provinsi yang lain tidak ada hubungannya. Nah, itu bisa (ditetapkan),” katanya.

Ketentuan ini merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2019 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilu 2019. Sebagai informasi, MK telah mencatat 340 permohonan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (pemilu) 2019.

MK sudah menerima sebanyak 340 permohonan. Rincian permohonan sengketa hasil pileg sampe kini 339, 329 diajukan parpol/caleg dan 10 diajukan calon anggota DPD. Satu lagi permohonan pilpres.(gnr)

Kirim Komentar