31 Mei 2019 12:39

Tangani Sampah, DLH Sangihe Butuh Anggaran

MyPassion
Ch Hangau

MANADOPOSTONLINE.COM—Meski di tengah keterbatasan anggaran, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tetap meraih penghargaan lingkungan Piala Adipura. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Christofel Hangau menyatakan, permasalahan kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab semua pihak.

“Dinas Lingkungan Hidup adalah instansi teknis yang bertugas mengangkut sampah-sampah di setiap TPS untuk dibawa ke TPA. Sedangkan kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua pihak. Jadi tidak elok jika Kota Tahuna dipenuhi sampah yang disalahkan justru DLH,” ujar Hangau.

Dia juga menyentil soal minimnya fasilitas kebersihan. Seperti kontainer sampah yang sebelumnya berjumlah 33 unit. Saat ini tinggal tiga unit yang berfungsi, sedangkan lainnya sudah rusak.

Diakuinya, hingga sekarang instansi yang dipimpinnya belum memperoleh anggaran dari APBD untuk pengadaan kendaraan dan perbaikan kontainer sampah.

“Kalau 12 unit motor sampah, merupakan CSR dari Bank SulutGo dan dua unit mobil truk sampah berasal dari DAK. Sebagai bentuk penghargaan terhadap Kabupaten Kepulauan Sangihe yang meraih Piala Adipura,” terangnya lagi.

Dia juga menyentil pentingnya peran para camat untuk mengatasi sampah di wilayahnya masing-masing. Dengan memberdayakan seluruh perangkat kampung, perangkat kelurahan melalui para kapitalaung dan lurah.

“Jika hal ini berjalan dengan baik, dipastikan permasalahan sampah akan teratasi,” ujarnya sembari berharap di APBD Perubahan akan mendapat tambahan anggaran, untuk pengadaan peralatan bengkel. Agar setiap kerusakan yang dialami kendaraan dan container sampah bisa diperbaiki sendiri oleh tenaga dari DLH. (wan/gel)

Kirim Komentar