31 Mei 2019 07:38

Perencanaan Pembunuhan Jenderal Masih Rahasia

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COMPolri masih mendalami hubungan antara enam tersangka kasus perencanaan pembunuhan empat pejabat dengan Kivlan Zein. Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, memang keterhubungannya masih perlu dicari. Saat ini yang sudah klir hanya terkait kepemilikan senjata. ”Setelah ini kami sampaikan,” paparnya dilansir dari Jawa Pos (grup Manado Post).

 

Hingga saat ini Dedi mengaku bahwa aktor intelektual kasus perencanaan pembunuhan tersebut belum dilakukan pemeriksaan. Saat ini kasus tersebut masih berkutat dengan keterangan enam tersangka. ”Kalau sudah diperiksa aktor intelektualnya, baru diketahui siapa saja yang terlibat,” urainya.

Apakah Kivlan salah satu aktor? Dedi enggan untuk menjawabnya. Pastinya, nanti semua akan dibongkar untuk mengetahui siapa yang terlibat. ”Nantinya, kita juga akan tau mengapa empat pejabat itu yang menjadi target, apa dasarnya,” jelasnya.

Dia menjelaskan, hingga saat ini dalang kasus tersebut belum diungkap karena membutuhkan bukti yang kuat. Bukan hanya dari satu prespektif namun dari berbagai prespektif. “Itu yang perlu dimiliki penyidik,” tuturnya.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian membeber empat nama pejabat yang jadi sasaran pembunuhan saat kericuhan Rabu lalu (22/5). Yakni Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Staf Khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan Gories Mere.

Tito menjelaskan, empat nama tersebut muncul dari pengakuan para tersangka yang sudah ditangkap. Yakni, HK, AZ, IR, TJ, AD, dan satu tersangka berinisial AF. ”Hasil pemeriksaan terhadap tersangka, bukan informasi intelijen,” terang dia. Selain nama-nama tersebut, ada juga seorang pimpinan lembaga survei yang diincar oleh perusuh.

123
Kirim Komentar