31 Mei 2019 09:28

Penentuan Pakai Mekanisme Partai, Kader Banteng Ini Berebut Ketua Fraksi

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—18 kader PDI Perjuangan terpilih di pileg 2019 untuk DPRD Sulut rata-rata punya track record mumpuni. Partai bakal kesulitan memilih siapa yang menduduki ketua fraksi atau pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya. Karena semuanya merupakan kader terbaik.

 

Sekretaris PDI Perjuangan Sulut Franky Wongkar mengatakan, jika penentuan ketua fraksi melalui mekanisme partai. “Ada peraturan partai untuk itu,” beber Wakil Bupati Minahasa Selatan ini.

Namun lanjutnya, ada sederet tugas penting ketua fraksi. Yang bisa menjadi kriteria umum untuk menjadi pemimpin fraksi. Di antaranya, ketua fraksi harus bisa berkomunikasi baik dengan anggota dan mampu membangun komunikasi politik antar fraksi di DPRD.

“Ketua fraksi juga akan menyuarakan politik dari PDI Perjuangan dan bisa diterima di semua kalangan di DPRD,” tutur politikus yang pernah menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Sulut ini.

Pertimbangan lain dalam menunjuk ketua fraksi adalah kepengurusan di partai. “Itu jadi bahan pertimbangan. Di samping itu ketua fraksi akan menjaga dan memelihara kehormatan serta citra partai di DPRD,” tegasnya.

Untuk putusan siapa yang berhak di kursi pimpinan fraksi, kata Wongkar, akan diputuskan melalui rapat DPD. “Jadi semua kader yang lolos ke DPRD punya peluang sama,” kuncinya.

12
Kirim Komentar