31 Mei 2019 07:54

PALAKAT!! Esok, PNS Wajib Upacara

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Ada informasi penting bagi pegawai negeri sipil di Sulawesi Utara (Sulut). Usulan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana yang memperbolehkan Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti upacara hari pancasila di daerah masing-masing didukung Korps Pegawai Negeri (Korpri). Pasalnya, hal itu akan memudahkan ASN menjalankan kewajibannya di tengah masuknya momen mudik lebaran.

Untuk itu, Ketua Korpri Zudan Arif Fakrullah mengatakan, kelonggaran yang sudah diberikan pemerintah harus dimanfaatkan oleh ASN. Bagi ASN yang nakal dan nekat membolos, Zudan meminta Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk tidak ragu memberi sanksi.

"Beri sanksi oleh PPK bagi ASN yang tidak upacara. Harus upacara," ujarnya saat dikonfirmasi, kemarin (30/5) dilansir Jawa Pos (grup Manado Post0.

Kewajiban untuk upacara hari pancasila sendiri sudah ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan). Kemudian diperkuat surat edaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) perihal pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni mendatang. Surat bernomor B.116/Ka.BPIP/05/2019 itu ditandatangani Pelaksana tugas Kepala BPIP Hariyono.

Zudan menambahkan, dirinya sudah mengajukan usulan kepada PPK, baik Menteri, Gubernur, Bupati dan Walikota agar berkenan memberikan kelonggaran bagi ASN untuk mengikuti upacara besok di mana saja sesuai lokasi mudiknya.

"Misalnya, pegawai Kemenkeu yang sudah pulang kampung agar dibolehkan mengikuti upacara di kampungnya masing-masing," imbuhnya.

12
Kirim Komentar