31 Mei 2019 14:27
Buntut Kegagalan KTT Kim Jong-Un dan Donald Trump

Korut Dikabarkan Eksekusi Utusan Khususnya untuk AS

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM--Kegagalan KTT antara  pemimpin Korut, Kim Jong-Un dan Presiden AS Donald Trump di Hanoi, Vietnam berbuntut panjang. Otoritas Korut dilaporkan mengeksekusi mati utusan khususnya.

Dilansir Detik.com dari surat kabar Korea Selatan (Korsel), Chosun Ilbo melaporkan eksekusi tersebut seperti disiarkan kantor berita AFP, Jumat (31/5).

"Kim Hyok Chol dieksekusi pada Maret di Bandara Mirim beserta empat pejabat senior Kementerian Luar Negeri menyusul sebuah penyelidikan," demikian diberitakan surat kabar Korsel tersebut mengutip sebuah sumber. Tidak disebutkan identitas empat pejabat lainnya yang dieksekusi tersebut.

Kementerian Unifikasi Korsel yang menangani hubungan antar-Korea menolak berkomentar mengenai laporan tersebut. Menurut Chosun Ilbo, penterjemah Kim, Shin Hye Yong juga dikirimkan ke sebuah kamp penjara karena kesalahan saat KTT di Hanoi. Perempuan itu disebut membuat kesalahan interpretasi proposal baru Kim ketika Trump menyatakan "tak ada kesepakatan" dan meninggalkan perundingan. (detik)

Kirim Komentar