31 Mei 2019 14:41
Dari 66 Miliar, Hanya Sebagian Ditransfer

DAK Hambat Penyerapan Anggaran di Boltim

MyPassion
Oskar Manoppo

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten Boltim mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebanyak 66 miliar. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pelaporan dan Dana Transfer BPKAD Syamsumarlin.

 

Menurut dia, DAK sebagian sudah ditransfer ke kas daerah. Dia menyebutkan, DAK terbagi dalam 13 bidang yang tersebar dibeberapa SKPD.  Antara lain, Dinas Pendidikan Rp 17,6 miliar, Dinas Kesehatan Rp 10,9 miliar, Dinas PU Rp 2,1 miliar, Sanitasi Rp 957 juta, proyek jalan Rp  20,2 miliar dan Dinas Pariwisata Rp  1,9 miliar. "Instansi yang lebih dahulu melakukan penginputan kegiatan melalui Online Monitoring System Perbendaharaan Anggaran Negara (OMSPAN), secara otomatis DAK-nya akan tercover  untuk ditransfer," katanya.

Lanjutnya, SKPD yang sudah menerima transferan DAK adalah Pariwisata Boltim dengan total anggaran Rp 480 juta. "Dana Dinas Pariwisata untuk tahap satu sudah ditransfer, karena berkasnya sudah diajukan pekan lalu," katanya.

Dia memastikan, pekan ini DAK Dinas Pendidikan sebesar Rp 4,2 miliar pun akan segera cair. Karena kegiatannya sudah diinput ke Omspan. " Untuk SKPD lain belum bisa ditransfer karena kegiatan fisik mereka belum diinput di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Boltim," jelasnya.

Sementara itu, Kaban Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Boltim Oskar Manoppo mengatakan, hingga Mei ini jumlah serapan anggaran Boltim baru diangka 17,21 persen atau Rp 119 miliar dari target 631 miliar. Hal tersebut disebabkan karena hampir semua DAK fisik SKPD belum ada yang mulai dikerjakan.

Dia berharap, dengan masuknya DAK tahap satu dibeberapa SKPD  akan membuat penyerapan anggaran semakin cepat. "Lambatnya serapan anggaran karena DAK belum masuk. Tapi saat ini sudah mulai ditransfer, dan akan diberikan pada masing-masing SKPD. Semoga fisiknya sudah bisa dikerjakan agar penyerapan anggaran pun bisa dipercepat dan mencapai target," kuncinya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar