30 Mei 2019 08:02

KPU Minsel Akui Ada Kesalahan dalam Penghitungan Suara

MyPassion

JAKARTA—Sidang kedua gugatan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI diselenggarakan Rabu (29/5). Sebagai terlapor, KPU Minahasa Selatan (Minsel), memberikan keterangan terkait indikasi adanya penggelembungan suara di Kabupaten Minsel.

Menurut pihak terlapor, terdapat kesalahan dalam proses input data dalam Pemilihan Legislatif 2019. Kesalahan tersebut berasal dari anggota KPPS yang tidak fokus. Hal tersebut membuat adanya perbedaan antara C1 dan DA1 serta DAA1 di Kabupaten Minsel.

Menanggapi hal tersebut, Sultan Zulkarnaen selaku Pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Sulut, menilai bahwa perlu diadakannya penghitungan ulang di Minsel.

"KPU Minsel sudah mengakui adanya kesalahan, sehingga seharusnya diadakan penghitungan ulang dengan membuka kotak suara dan menghitung C1 Plano di seluruh TPS yang ada di Minsel," ujarnya.

Politisi asal Bolaang Mongondow Selatan ini juga menambahkan bahwa masih ada kemungkinan terjadinya kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif.

"Apabila ada human error di anggota KPPS dalam proses input, seharusnya terjadi di beberapa TPS saja. Namun ini terjadi hampir di seluruh TPS dan merugikan satu pihak saja," ungkap Sultan Zulkarnaen.(*)

Kirim Komentar