30 Mei 2019 08:31

5.052 Pasukan Amankan Lebaran

MyPassion

MANADO—Lebaran makin dekat. Pengamanan wilayah diperkuat oleh Polda Sulut dan TNI. 5.052 pasukan diterjunkan khusus mengawal tanah Nyiur Melambai hingga lebaran awal Juni nanti. Operasi ini terdiri dari Polda Sulut dan jajaran yang mengerahkan 1.433 personel. Kemudian TNI AD, AU AL, 423 personel. Selanjutnya disokong oleh 3.196 personel dari instansi lain.

Ribuan pasukan gabungan ini bakal mengawasi lokasi-lokasi vital. Diantaranya masjid, pusat perbelanjaan, bandara, pelabuhan, terminal, pintu masuk darat, serta tempat-tempat penting lainnya.

Khusus pengamanan pelabuhan, sudah dicek langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto, Rabu (29/5) sore. Irjen Sigid didampingi para pejabat utama dan Kepala KSOP Manado Wembly Wetik.

Rombongan kemudian meninjau ke salah satu kapal yang akan berangkat menuju Kabupaten Kepulauan Sangihe. Di dalam kapal, Kapolda mengecek kondisi perlengkapan dan sarana prasarana, terutama perlengkapan pengamanan dan keselamatan pelayaran.

Jenderal bintang dua itu juga mengecek kondisi personel pengamanan ada di Pos Pengamanan dan Pelayanan Lebaran di Pelabuhan Manado. “Kunjungan ini untuk melihat keamanan dan kenyamanan yang sebenarnya baik transportasi darat, laut maupun udara," ujar kapolda melalui Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol I Gusti Putu Ngurah Gunawan.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo menyebutkan, kurang lebih ada 65 pos yang disiapkan oleh Polda Sulut dan jajaran dalam pengamanan. meliputi Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu. “Pos-pos ini akan ditempati oleh personel-personil gabungan yang akan melayani para pemudik nantinya,” ujar Kabid. Ia juga mengimbau kepada warga agar mewaspadai kejahatan atau gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi. Seperti aksi copet, pencurian rumah kosong maupun kebakaran rumah akibat ditinggal pergi,” tutup Tompo.(gnr)

Kirim Komentar