29 Mei 2019 20:22

PLN Janji Tidak Ada Pemadaman sampai Idul Fitri

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Menjaga sistem kelistrikan di Suluttenggo selama Lebaran 1440 H, PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo telah menyiapkan 256 petugas yang siaga mengawasi penyaluran dan distribusi .

General Manager Christyono mengatakan, siaga tersebut sudah menyusul kegiatan UNBK, Perayaan Paskah bahkan Pemilu April lalu. "Jadi kita siaga dimulai hari ini. 29 Mei hingga 7 Juni 2019. Dari sisi pembangkitan, sistem kelistrikan Suluttenggo mengalami surplus hingga 85 megawatt," sebutnya.

Dikatakannya, selama kurang lebih 24 jam petugas akan secara bergantian mengawasi serta menjaga penyaluran agar terpantau dengan baik. "Jadi hal ini kita lakukan untuk menjaga penyaluran dan distribusinya. Itu dipantau langsung tim teknis. Begitu ada gangguan jaringan distribusi, tim siaga kita langsung melakukan perawatan perbaikan," jelasnya.

Diketahui, ratusan petugas tersebut disiapkan di tujuh kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), 49 Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan 1 Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D). Selain petugas PLN, masih ada 'backup' personel dari tim pelayanan teknik pihak ketiga yang berada di bawah UP3 dan ULP.

"Nah, kami juga sangat memberi perhatian di 57 objek vital yakni rumah sakit, Polda Sulut, kantor pemerintah dan fasilitas penting lainnya. Dan juga lokasi-lokasi yang akan dilangsungkannya Sholat IED. Data yang masuk ke kami ada 115 masjid yang akan di-backup," tambahnya.

Dalam kesempatan itu pun, dirinya memastikan tidak terjadi pemadaman. "Sebisa mungkin. Ketika ada pemadaman listik, itu berarti ada gangguan. Bisa pada pembangkit, penyaluran atau distribusinya" tukasnya.

Menurut dia, tak ada lagi pemadaman terencana karena pihaknya telah melakukan pekerjaan perawatan jaringan distribusi beberapa bulan sebelum Ramadan. "Jadi sebelumnya, kita sudah melakukan perawatan jaringan juga. Baik penggantian peralatan, tiang dan fasilitas distribusi hingga pemangkasan pohon di dekat jaringan sudah kami majukan," sebutnya.

Sementara itu, Manajer Operasi Sistem I Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Suluttenggo Lonnard Nelwan menyampaikan untuk menjaga itu, sudah ada 60 unit mobile ganset yang disiapkan oleh PLN yang berkapasitas 2,2 megawatt

"Jadi nanti mobile ganset itu akan kami kerahkan di puluhan objek vital tadi dan fasilitas penting lainnya. Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan tambahan seperti listrik multiguna, genset dan lain-lain bisa hubungi Call Center PLN 123, akses via website www.pln.co.id, PLN Mobile atau datang langsung ke kantor layanan PLN," kuncinya.(gab)

Kirim Komentar