29 Mei 2019 09:25

Hari Ini Dibuka, Tol Belum Beroperasi 24 Jam

MyPassion
Tol Manado-Bitung dibuka hari ini tanpa dipungut biaya. (Dok MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) hari ini bakal mengoperasikan Tol Manado-Bitung dengan seksi Airmadidi-Manembo-nembo sepanjang 18,2 kilometer (KM). Itu bakal dibuka mulai pukul 13.00 Wita. Hal ini disampaikan Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen kemarin Selasa (28/5).

 

Menurut Silangen, pengoperasian sementara atau fungsional ini dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan balik libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Pembukaan fungsional satu arah ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan I. Untuk arah Manado ke Bitung dibuka 29 Mei hingga 6 Juni 2019. Sedangkan arah Bitung ke Manado berlaku 7 Juni hingga 11 Juni 2019. Jadi pengoperasionalan Tol Manado-Bitung seksi Airmadidi-Manembo-nembo sepanjang 18,2 KM untuk mendukung kelancaran arus mudik dan libur Idul Fitri ini. Kita harap agar tidak ada penumpukan kendaraan, sehingga jalur tersebut tetap lancar," tuturnya.

Silangen juga menuturkan jika pengoperasionalan Tol Manado-Bitung tersebut memiliki batas waktu dan tidak dibuka 24 jam.

Menurutnya, pengoperasionalan hanya berlaku mulai pukul 08.00-17.00 Wita pada setiap harinya. Bukan hanya itu, Silangen mengatakan, dalam penggunaan Tol Manado-Bitung ada batas kecepatan. Kendaraan tidak boleh melampaui 60 kilometer per jam untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

"Jadi pengoperasionalan Tol Manado-Bitung ada batas waktunya. Tidak 24 jam penuh. Hanya dari 08.00-17.00 Wita. Jadi setiap hari selama arus mudik dibuka jam tersebut. Bukan hanya itu, kita juga membatasi laju kendaraan di pengoperasionalan jalan Tol Manado-Bitung ini. Tidak boleh melampaui 60 KM per jam. Karena menghindari kecelakaan, apalagi yang bakal menggunakan Tol Manado-Bitung ini banyak. Jadi sangat sensitif jika terlalu cepat. Karena ini baru sifatnya sementara," ujarnya.(tr-02/gel)

Kirim Komentar