28 Mei 2019 11:59

Sumber Income, Pacu BUMDes di Sangihe

MyPassion
Jefry Gaghana

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe memacu program maupun kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Di mana ini akan menjadi wadah memasarkan usaha dan produk lokal. Mulai dari tingkat kampung sampai pasar umum.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sangihe Jefry Gaghana MH mengatakan, pemanfaatan dana desa tahun 2019 sesuai komitmen pemerintah, tidak lagi terfokus pada pembiayaan infrastruktur. Tapi lebih mengarah pada pemberdayaan masyarakat. Di dalamnya pengembangan BUMDes.

“Itulah sebabnya mengapa kita terus pacu BUMDes. Harus ada di masing-masing kampung. Sebab BUMDes kegiatannya bisnis dan ekonomi kreatif masyarakat. Sekaligus wadah peningkatan pendapatan masyarakat kampung,” ungkap Gaghana.

Sejauh ini, menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe ini, beberapa BUMDes eksis. Secara rutin melaksanakan kegiatan bisnis. Diantaranya BUMDes Aldus Kampung Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara, BUMDes Bungalawang Kecamatan Tabukan Tengah, BUMDes Pokol, dan BUMDes Menggawa Kecamatan Tamako. “Ada beberapa BUMDes sudah berjalan baik. Diantaranya mengcover usaha pembelian hasil bumi,” pungkasnya.(wan/gel)

Kirim Komentar