28 Mei 2019 12:40

Pemandian Air Panas di Kotamobagu Bisa Obati Penyakit Kulit

MyPassion
Lokasi pemandian air panas yang berada di Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu.(Claudia/Manado Post)

Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu memiliki objek wisata air panas. Lokasinya kurang lebih 1 kilometer dari pemukiman penduduk.

Ketua RT 8, Desa Bilalang I Herlina Mokoginta mengatakan, air panas tersebut merupakan tempat pemandian warga Bilalang pada zaman dulu. Tempat itu dulunya masih sangat terawat.

"Kalau menurut orangtua dulu, air panas ini merupakan sambungan dari akar Gunung Ambang, sempat menjadi tempat pemandian warga sekitar. Tapi sekarang sudah tidak, sehingga tempatnya kelihatan tidak terawat lagi," katanya.

Menurut dia, air panas itu diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan. “Biasanya orangtua yang sakit-sakitan datang mandi atau sekedar berendam, apalagi bagi mereka yang mengalami penyakit kulit," ujarnya.

Meski demikian, sampai sejauh ini belum ada bukti ilmiah jika air panas ini, merupakan saluran akar gunung Ambang. "Belum tahu pasti juga. Belum ada juga yang meneliti. Ini cuma cerita orangtua dulu. Entah benar atau tidak kami tidak tahu pasti," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, Pemerintah Desa Bilalang I bakal melakukan rehabilitas dan perbaikan sarana penunjang di lokasi tersebut. Bahkan, lokasi tersebut sudah pernah dikunjungi Pemerintah Provinsi Sulut untuk pengembangan wisata di Kotamobagu. 

"Waktu itu Dinas Pariwisata Kotamobagu langsung melihat lokasi air panas tersebut. Lewat dana desa, kami akan upayakan tempat itu menjadi wisata Kotamobagu. Tentunya dengan membangun sarana dan prasarana seperti akses jalan dan sarana lainnya," tandasnya.(tr-06/ite)

Kirim Komentar