28 Mei 2019 09:04
60 Hari Kesempatan Tindaklanjuti Temuan

Ingat! WTP Bukan Berarti Bersih

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) diraih Provinsi Sulut dan 14 kabupaten/kota. Hanya Kabupaten Bolaang Mongondow yang kena disclaimer.

 

Raihan WTP tak lepas dari Asistensi Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulut. BPKP Sulut yang baru saja dipimpin Sofyan Antonius itu, punya peran penting mengawal keuangan dan pembangunan daerah.

“Ya, tugas kami meneliti semua catatan, data elektronik, dokumen, buku perhitungan, surat-surat bukti, notulen rapat direksi, komisaris, panitia dan sejenisnya, hasil survei laporan-laporan pengelolaan, dan surat-surat lainnya yang diperlukan dalam pelaksanaan pengawasan,” ungkap Sofyan Antonius.

Tugas lainnya, melaksanakan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara atau daerah atas kegiatan yang bersifat lintas sektoral. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Perwakilan BPKP Provinsi Sulut juga berfungsi untuk memberi asistensi penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Berupa pemberian asistensi terhadap pengelolaan keuangan daerah, negara, BUMN/BUMD.

“Pengawasan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program atau kegiatan yang dapat menghambat kelancaran pembangunan, audit atas penyesuaian harga, audit klaim, audit investigatif terhadap kasus-kasus penyimpangan yang berindikasi merugikan keuangan negara/daerah, audit perhitungan kerugian keuangan, pemberian keterangan ahli, dan upaya pencegahan korupsi,” tandasnya.

Lanjutnya, pihaknya juga bersinergi dalam pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan dan pembangunan. “Bersama aparat pengawasan intern pemerintah lainnya,” tandas Sofyan.

Sementara itu, anggota VI BPK RI Dr Hari Aswar Azis berharap kepada perwakilan BPK di Sulut dan kepala daerah yang belum memperoleh opini WTP agar memperhatikan rekomendasi BPK. “Saya berharap tahun depan Sulut bisa menjadi provinsi 100 persen beropini WTP," ungkapnya.

12
Kirim Komentar