28 Mei 2019 12:35
Ada Pungutan Pajak Yang Tidak Disetor

Dana BOS di Boltim Jadi Temuan Inspektorat

MyPassion
Ilustrasi.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) jadi temuan inspektorat. Karena ada pungutan pajak yang tidak disetorkan sebesar Rp 10 juta dari beberapa sekolah SD dan SMP di Boltim.

 

Kepala Inspektorat Boltim Meike Mamahit menjelaskan, pihaknya baru saja melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Mamahit mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, pihaknya  menemukan beberapa masalah administratif. Seperti, rekening penerima dana BOS belum didaftarkan ke Bendahara Umum Daerah (BUD) atau belum dimasukkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Boltim. "Ada juga  temuan mengenai pajak yang dipungut tidak disetor oleh pihak sekolah. Jumlahnya ada sekitar Rp 10 juta," katanya.

Namun, lanjutnya, itu sudah ditindaklanjuti oleh pihak sekolah dengan memperbaiki hasil rekomendasi dari Inspektorat, terhadap hasil pemeriksaan. "Hasil pemeriksaan dana BOS 2019, lebih baik dari tahun lalu," katanya.

Menurut dia, hampir 90 persen sekolah baik SD dan SMP di Boltim yang pengelolaan dana BOS sudah jauh lebih baik. "Karena Inspektorat rutin memberikan sosialisasi kepada kepala sekolah dan bendahara," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Boltim Yusril Damopolii menyebutkan, jumlah sekolah SD dan SMP di Boltim yakni, SD ada 58  dan SMP 28, sudah termasuk swasta. "Temuan catatan Dinas Inspektorat sudah ditindaklanjuti diperbaiki. Agar pemeriksaan berikutnya tidak ada kesalahan lagi," kuncinya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar